Sabtu, 26 November 2011

Pemimpin

Hei hai waha,
its me gujil


Gw baru beres ikut acara himpunan gw hari ini. Agendanya adalah pemilihan calon ketua himpunan, acaranya... rahasia.

haha.

Kenapa rahasia ??

karena ada beberapa aspek yang mungkin bersifat rahasia dan tak boleh tersebar luas.

Tapi entah mengapa, gw rada merasa lega karena acara ini selesai. Coz gw panitia penyelenggaranya, jadi gw mau cerita suka duka tentang acara pemilihan ketua himpunan gw.



~Pemimpin~






Pemimpin adalah sosok yang begitu berpengaruh dalam sebuah organisasi, karena tanpa adanya seorang pemimpin dalam organisasi maka organisasi tersebut bisa dikatakan hilang arah dan lama kelamaan akan mengakibatkan perpecahan.

Itu menurut gw..

Himpunan gw sedang mencari sosok pemimpin berikutnya, pemimpin yang bisa membawa himpunan kita kearah yang baik ( insyaallah ).

Gw diamanahi sebagai panitia penyelenggara acara pemilihan ketua, awalnya kupikir itu mudah. TAPI TERNYATA sulitnya gak ada dua. Apalagi urusan nyewa tempat, gw gak tau butuh berapa minggu buat nyari tempat buat disewa. Udah dapet tempat sih banyak daerah kampus, tapi rata2 dari tempat itu, pemiliknya menolak tawaran kami ( secara halus ).

Dapet tempat di outdoor, gak enaknya lagi musim ujan sekarang. Masa lagi acara pemilihan, hujan turun, terus semua pada pake jas ujan ponco. Bukannya kumpulan mahasiswa yang sedang mengikuti acara tapi gw ngebayanginnya malah kaya sekumpulan tukang ojek demo kenaikan harga setoran.

Dan alhamdulillah kemaren gw dapet tempat buat disewa didaerah parongpong, ya kira2 20 menit lah dari kampus gw. Pas pertama kali kesana gw yakin lo bakal mikir

" koq asa gak nyampe-nyampe yah "

Soalnya jalan kesana tuh nanjak, terus pinggir2nya kebun bahkan kadang hutan gitu. Terus kalo malem penerangannya bisa dikatakan mendekati nihil alias gelap.


Sebenernya gw mau cerita tentang acara pemilihannya, tapi gw urungin hal itu karena gw mikir kayanya acara tersebut bersifat rahasia dan tidak boleh bocor keluar. Sorry ya, daripada ntar terjadi hal-hal yang tak diinginkan mending gw diem.


Gw bakal cerita intinya aja,


Pada saat acara berlangsung, ada satu pertanyaan yang ditujukan untuk calon ketua himpunan yang menurut gw pertanyaan itu pertanyaan jebakan.

Kenapa ??

Karena gak ada jawaban yang bener, bahkan kalo lo milih salah satu jawaban pun pasti ngerasa serba salah. Ini dia pertanyaannya

" Anggap kamu sedang menyetir sebuah truk / mobil kotak gitu yang isi mobil / truknya itu adalah anggota kamu. Terus tiba-tiba didepan jalan ada Ibu kamu sedang berdiri. Kalo kamu terus maju kamu bakal nabrak ibu kamu dan ibu kamu tewas tertabrak, tapi kalo kamu belok kamu akan masuk jurang dan semua anggota himpunan dan kamu sendiri akan tewas. Mana yang bakal kamu pilih :

Maju terus, ibumu tewas; atau
Belok masuk jurang, anggota kamu dan kamu sendiri tewas. "


Kalo gw ditanya kaya gitu, mungkin ini jawaban terbaik gw

" maaf gw gak bisa nyetir mobil bahkan truk. "

Gw bersukur belum bisa nyetir mobil bahkan truk.


Dan berbagai cerita lainnya...





Acara selesai, terdapat calon2 ketua himpunan yang akan meneruskan tahta pemimpin sebelumnya. Gw sebagai anggota hanya bisa berusaha memfasilitasi mereka, memberi semangat mereka, Dan siapapun yang terpilih gw harap dialah yang terbaik, dialah sosok yang dapat membawa himpunan gw lebih baik, dan dialah yang bisa menjadi cahaya, cahaya yang bisa menuntun himpunan kami yang berada dalam ruangan yang hampir gelap dan kekurangan cahaya.

Gw cuman mau bilang buat para calon

" Kawan, pemimpin itu bukanlah hal yang mudah. Pemimpin itu mempunyai tanggung jawab yang besar, Pemimpin itu sangat mencerminkan keadaan organisasinya. Bayangkan saja kita melihat suatu organisasi yang tidak kita kenal dan kita akan menilai organisasi tersebut. Pasti hal yang pertama dilihat adalah pemimpin. Apabila sosok pemimpinnya saja sudah tidak jelas dan tidak benar, maka organisasi yang dipimpinnya juga akan dipandang remeh oleh orang lain.

Kawan, engkau adalah sosok yang akan sangat berpengaruh apabila sudah terpilih dan dilantik. Jadi mulai dari sekarang cobalah untuk bisa mempengaruhi orang, jangan sampai ketika kalian dipilih kalian tak bisa mempengaruhi orang untuk kearah yang baik. Jika terjadi seperti itu keberadaan kalian bukan lagi saya anggap sebagai cahaya yang menerangi kegelapan, tapi cahaya yang termakan oleh kegelapan sehingga akhirnya dilupakan.

Kawan, siapapun yang jadi pemimpin kelak. Saya pesen jaga amanah itu dengan baik, kerjakan lah peran yang memang seharusnya kalian lakukan.

Tapi ingat kawan, jangan lupa bercermin pada diri sendiri. Lihatlah diri kalian lebih dekat, kenalilah diri kalian sendiri.

Apakah kalian sudah pantas jadi seorang pemimpin ??
Apakah kalian mempunyai ego ??
Apakah ketika kalian dipilih ego itu akan menguasai diri anda dan menghancurkan konsentrasi anda sehingga mengambil suatu keputusan berdasarkan ego sendiri, berdasarkan keinginan dan kesewenangan sendiri ??

Bercermin lah lagi. Jangan merasa sombong pada diri sendiri, karena " diatas langit masih ada langit ".

Jangan lah kalian merasa berjalan sendiri ketika menjalankan organisasi, karena kalian memiliki anggota. Benar kata pepatah

" apalah jadinya seorang pemimpin tanpa anggotanya. " "



Bukannya gw mau ceramah, cuman gw mau titip aja himpunan kita ini ke salah satu tangan kalian para calon ketua. Bawalah himpunan kita ke arah yang lebih, lebih dan lebih baik.

:) :D ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar