Sabtu, 16 November 2013

Cilegon dan Korea

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Cilegon merupakan kota yang berisi industri-industri, dan umumnya berasal  dari investasi luar negeri. Dari semua negara yang menanam inves di Cilegon, yang paling menonjol saat ini adalah Korea Selatan.

Minggu-minggu ini Cilegon sedang memanas dengan masalah Korea Selatan. Kemaren-kemaren ada berita yang menyebutkan bahwa ada orang Korea yang menganiaya 3 orang indonesia. Gue ga terlalu tau bagaimana kronologinya, gue dapet dari grup pabrik gue dan situs beritacilegon.

Dari semua investasi Korsel di Cilegon, perusahaan yang paling disorot adalah perusahaan gue, Krakatau Posco. Emang inves terbesar Korsel ada di perusahaan gue.

Semenjak berita ini meluas di masyarakat, beberapa cemoohan dilontarkan baik langsung kepada warga Korsel maupun ke perusahaan gue. Bahkan kemarin warga Cilegon demo di depan gate utama pabrik, untung gue shift 2 waktu itu jadi ga kena sweeping para demonstran.

Selain demo kemaren, rencananya warga Cilegon menolak kedatangan SBY ke Cilegon. Dimana tujuan kedatangan SBY nanti adalah untuk meresmikan pabrik gue yang akan mulai beroperasi nanti akhir tahun.

Tentu banyak pro-kontra akan kasus ini. Buktinya grup perusahaan gue mulai memanas gara-gara kejadian ini. Selain mengkaitkan masalah penganiyayaan, warga juga mengkaitkan bahwa perusahaan gue kurang menyerap tenaga lokal.

Hmm...

Menurut gue...

Cilegon bisa maju seperti sekarang berkat adanya inves dari Korsel. Bukan bermaksud berpihak pada negara orang dibanding negara sendiri. Tapi pikir lagi, Cilegon terkenal dengan sebutan kota baja. Sebutan itu dulu berkat berdiri Krakatau Steel.

Namun sekarang KS sudah mulai menurun produktivitasnya, jadi perusahaan baja mana lagi yang bisa diandalkan. Perusahaan gue lah jawabannya.

Bukan berarti juga perilaku WNA Korsel bisa dimaafkan dengan mudah, jangan sampai kita dijajah di negeri sendiri. Ingat mereka yang berinvestasi di Indonesia, jadi mereka harus berperilaku layaknya seorang tamu bukan majikan.

Semoga kedepannya bisa baek-baek aja antara semua belah pihak.


---


Angin segar datang di masa panas ini..

Kabarnya Korsel akan investasi lagi sebesar 5 miliar USD ke kota Cilegon. Mereka akan membangun industri petrokimia baru yakni PT Lotte Chemical dan rencananya akan dibangun di wilayah industri KS.

Wiih makin maju nih Cilegon, hehe.

Tapi tenang Bandung, engkau selalu ada di hati saya.. Tak ada kota yang bisa mengalahkan kerinduan ku padamu, haha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar