Jumat, 25 Mei 2012

Makalah Penelitian tentang "Kepo"

Kepo ?? pasti kalian yang gaul pada tau arti kata ini. Belakangan ini lagi nge-tren kata kepo ini. Gue pun berinisiatif untuk membuat suatu makalah mengenai kata "kepo" ini, check this out !!!



LAPORAN PENELITIAN
KEPO



OLEH :

Si Gujil

2012







ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa sih kepo itu ??. Kepo itu membuktikan suatu perkembangan dunia per-gaulan dan membuktikan kemajuan dan perkembangan dari bahasa gaul. Penelitian ini diharapkan menghasilkan kesimpulan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang arti kata kepo dan meluruskan perbedaan pikiran mengenai kepo.

Bangsa Indonesia dengan berbagai macam suku bangsa dan berbagai macam bahasa pastinya selalu mengalami suatu kemajuan, baik frontal maupun infrontal. Akibat suatu kemajuan ini, suatu kelompok yang mengaku mereka itu berbeda dan mengaku mereka itu exist, membuat suatu bahasa persatuan yakni bahasa gaul.

Penelitian ini mengambil sampel kehidupan sehari-hari sekitar penulis, serta berbagai artikel tentang kepo. Dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian ini : semakin besar keingin tahuan suatu manusia maka semakin besar pula sifat kepo itu. Bahkan jika sangat parah, kepo dari manusia ini termasuk stadium PARAH, dimana dibutuhkan pertolongan medis, psikolog dan kak seto.



BAB I
PENDAHULUAN


I.1 Latar Belakang

Gaulnologi merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia per-gaul-an. Gaul itu sendiri mempunyai arti terdepan dan up-to-date mengenai perkembangan dunia, gaul juga itu suatu sifat selalu terdepan dalam apapun. Misal :

" eh lu tau kata kamseupay gak ??
" hmm diriku tidak mengetahui apa maksud saudara, apakah itu ?? "
" ah gak gaul lu "

Percakapan yang absurd sekali ternyata.

Dilihat dari contoh diatas, orang yang merasa diri mereka gaul seakan-akan selalu terdepan dan selalu paling hebat.

Di era kemajuan jaman ini, salah satu bahasa gaul yaitu kata kepo. Kata kepo menjadi sangat terkenal dan sering dipakai. Bahkan kata kepo sempat menjadi trending topic world wide. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menulis makalah penelitian ini.

I.2 Rumusan Masalah

apa sih kepo ??

I.3 Hipotesis

Penulis mengira kepo itu adalah ini :


Lalu penulis kira kepo ini adalah Keluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung / KEMA POLBAN. jika di bahasa gaulkan menjadi KEPO.

I.4 Tujuan Penelitian

Mengerti dan mengetahui apakah arti kata dari kepo.

I.5 Metode Penelitian

Metode penelitian dipilih oleh penulis untuk membatasi ruang lingkup penelitian.

  I.5.1 Lokasi Penelitian
      
      Pemilihan lokasi dilakukan sendiri oleh penulis. Penelitian dilakukan di depan komputer rumah penulis.

  I.5.2 Teknik Pengumpulan Data

      Pengumpulan data dilakukan dengan searching, imajinasi dan keberanian

   I.5.3 Teknik Analisi Data

      Analisa data dilakukan dengan pemikiran matang dari penulis, bahkan bukan hanya matang tapi sudah     gosong.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


II.1 Pengertian Kepo

Kepo adalah mau tau urusan orang, mau tau aja. Menurut hasil pencarian penulis, KEPO itu berasal dari bahasa bangka yang artinya kurang lebih “MAU TAU URUSAN ORANG/ORANG YANG SOK SIBUK…”

Lahirnya Kepo berawal dari dunia twitter, suatu jejaring sosial. Penulis tidak menemukan data lebih lanjut mengenai tersangka yang menyebarkan luaskan kata ini.

II.2 Macam-Macam Kepo

1.mau tau urusan orang lain
A : gimana kabar si sandy sama cewnya udh putus belom??
B : kepo bngt si...

 2. perasaan ingin tahu terhadap sesuatu hal.. sering digunakan dalam jejaring sosial Twitter
 ABS : penasaran ketemu @BCD makan apa di citos.. BCD : @ABS iiiihh, kepo ajaa deehh..

3. Berasal dari bahasa hokkian. Ke = Bertanya, Po (Apo) = Nenek2. Jadi artinya nenek2 yg suka bertanya2. Pingin tau banget gitu..
 A : km lagi dimana? ngapain? sama siapa?
B : kepo banget sihh...

 4. tukang gosip, selalu mau tau urusan orang lain kalau ada orang yang selalu penasaran dan pengen tau tentang segala hal, bilang aja: "kepo banget sih loooo..." 

5. pengen tauan banget orangnya... definisi sifat temen cowo lo itu kepo banget sih ! gw ditanya tanyain ini itu, pengen tau urusan orang banget sih.



BAB III
ANALISIS DAN PEMBAHASAN


III.1 Analisis

Menurut pengertian kepo dari tinjauan pustaka, penulis mengumpulkan beberapa kesimpulan mengenai jenis-jenis dari kepo. Penulis juga sangat setuju mengenai tanggapan dari pemilik akun MahasiswaFreak dari situs Kaskus.

Menurut beliau, kepo dibagi 3 jenis yakni :

1. Kepo = Care

Nggak selamanya KEPO itu harus menimbulkan persepsi negatif. Misalkan ada temen, pacar, mama, papa, nenek, kakek kita yang lagi ada masalah terus kita tanya sama dia … “kamu kenapa ko diem aja ? ada masalah ya ?” itu menurut gua juga KEPO tapi dalam hal yang wajar karna bermaksud CARE sama seseorang yang kita kenal …

2. Kepo = Inisiatif

Nggak selamanya KEPO itu harus menimbulkan persepsi negatif. Misalkan ada temen, pacar, mama, papa, nenek, kakek kita yang lagi ada masalah terus kita tanya sama dia … “kamu kenapa ko diem aja ? ada masalah ya ?” itu menurut gua juga KEPO tapi dalam hal yang wajar karna bermaksud CARE sama seseorang yang kita kenal …

3. Kepo = Stadium Akhir

Inilah jenis KEPO yang paling parah, karna orang yang terjangkit KEPO STADIUM AKHIR akan melakukan apa saja untuk mengetahui apa saja yang ingin dia tau… 
 Ada orang begini dia mau tau, ada orang begini dia mau tau … kalaupun nggak ada yg ngasih tau dia bakal cari kesana kesini bahkan sampai ke twitter, facebook, google, sekolah, kampus, kamar mandi. kamar kost, de el el … KEPO STADIUM AKHIR bekerja pada siapapun yang ingin tau semua urusan yang bukan urusan dia, orang yang dia kenal bahkan … 

 namun beliau membagi ke beberapa detail lagi tentang KEPO STADIUM AKHIR …

1. KEPO SAMA ORANG YANG MEMUSUHI DIA
2. KEPO SAMA ORANG YANG DIA SUKA
3. KEPO SAMA ORANG YANG NGGAK ADA URUSAN SAMA SEKALI SAMA DIA (INI YANG PALING PARAH)
Dari ketiga jenis di atas, yang paling parah adalah yang ketiga … karna di jenis ini … orang akan sangat senang cari tau segala jenis permasalahan orang lain entah dia kenal atau tidak… dan kadang mentertawakannya …

Nah itu menurut pemilik akun MahasiswaFreak dari situs Kaskus, penulis sangat setuju sekali dengan beliau.


III.2 Pembahasan

Kepo ini terkadang sudah menjadi suatu gaya hidup dari suatu umat, bahkan jika sudah parah kepo sudah menjadi seperti narkoba, mengakibatkan kecanduan. Jika ilmu per-kepo-an bisa dimanfaatkan dengan baik, sebenarnya ilmu ini bisa sangat berguna. Karena kepo menumbuhkan suatu sifat ingin tau dari suatu manusia. Jika sifat ingin tau sudah muncul, maka jika dikorelasikan dengan tindakan nyata positif maka akan menciptakan produk yang berkualitas.

Kepo bisa dihilangkan dengan cara konseling kepada psikolog, dan berdoa kepada yang mahakuasa.

Penulis mendapat hasil,

Semakin besar sifat ingin tau suatu umat, maka semakin besar pula sifat kepo umat tersebut. Sehingga didapat rumus :

K = S  + M . ke

Dimana,

K = Kepo
S = Sifat ingin tau
M = Motifasi
ke = keiberanian

Semua bilangan tak berdimensi..



BAB IV
PENUTUP

IV.1 Kesimpulan

Kepo dibagi dalam berbagai macam jenis. Semakin besar sifat ingin tau dari suatu umat maka akan semakin besar pula sifat keponya.

IV.2 Saran

Kepo jangan terlalu sering dilakukan, karena akan mengakibatkan kecanduan yang berlebihan. Kepo juga terkadang menimbulkan gosip-gosip yang tak mengenakan, agama pun berkata bahwa tak baik mengobrolkan tentang seseorang / gosip.


DAFTAR PUSTAKA

mbah google












Yah itu hasil iseng" gue. Postingan ini hanya JUST FOR FUN AJA, jika ada yang merasa tersinggung mohon maap sebesar"nya. Gue gak bermaksud demikian koq.

Akhir kata, Salam Hangat dari si Gujil :)))))

1 komentar: