Senin, 05 Maret 2012

Benda Penuh Kenangan

Hei hai kawan,

Uahhh rasanya udah lama banget gw gak nyerita tentang kehidupan gw. Mungkin gw belum nemu cerita hidup gw yang pantas gw masukin disini, tapi sekarang gw udah nemu satu, ini dia.

Ceritanya gw lagi iseng ngubrak-ngabrik isi kamar gw dan ternyata dari hasil keisengan gw itu, gw nemu harta karun masa lalu gw.

Contohnya gw nemu isi binder gw yang udah jadul banget, kira2 jaman SMP kelas satu. Isinya itu :

1. Biodata temen-temen gw


Formatnya itu nama, ttl, hobi, cita-cita, no hp, agama, dll. Biasanya diakhiri pesan dan tanda tangan. Gw masih inget ini jama SMP kelas satu. Rasanya waktu itu kalo gak tukeran biodata itu berarti gak gaul ato kuper.,, hehe.

2. Lirik lagu

Isinya itu lirik-lirik lagu mulai dari lagu indo seperti lagu ungu, Sheila on 7, peterpan, Samson, dll. Sampai band luar negeri seperti MCR dan A7X (2 band ini lagi ngetren banget jaman itu).

3. Potongan gambar dari majalah

Biasanya gw motong gambar yang ada harry potternya dari majalah, terus gw bolongin dan dipasang deh di binder. Yang paling banyak dan paling rame dia yang menang, itu peraturannya pas jaman sd menuju smp.

4. Kertas bermotif


Biasanya gw beli yang kaya gini pas jaman SD, gw beli di depan sekolah gw, gope dapet dua atau tiga kalo gak salah. Mulai dari motif kertasnya yang unik sampai ketebalan kertas pun diperhitungkan.


5. Dan lain-lain

Yah sisanya adalah catatan pelajaran SMP dan beberapa gambar hasil gw.


Oh iya, seputar informasi aja, bindernya sendiri masih gw pake ampe sekarang (tentu isinya udah diganti, jadi materi kuliah gw sekarang). Bindernya udah kusang banget, kuning tampilannya, dan ada beberapa robekan. Tapi gw gak berniat ngebuang itu binder, karena itu bersejarah banget. Udah 8 tahun kira-kira dan masih berlanjut sampai sekarang.



Selain nemu isi binder jadul gw, gw juga nemu benda-benda kenangan masa lalu gw yang lain, seperti :

Yang kiri itu namanya buku marun dan yang kanan itu namanya name tag lambang Himatek


Waha, Keduanya bersejarah banget, terutama yang kecil itu loh. Ngedenger namanya aja udah buat gw ilfil duluan.


Dulu,
Setiap kali ngumpul himpunan gw paling sering ngehindarin yang namanya “evaluasi buku marun”, karena bawaannya pasti serba salah.

Jadi ceritanya gw disuruh senior gw bikin buku marun, yang isinya itu nama temen seangkatan gw ama ttd plus nama senior tingkat dua dan tiga beserta ttd-nya. (semuanya dan harus komplit).

Dan malesnya gw, gw cuman dapet kira2 30% nya doang lah dari seharusnya.

Angkatan 2009, senior, gw dapet cuman 35 orang dari 100 lebih orang di 2009.

Angkatan 2008, senior, gw dapet cuman 15 orang dari 100 lebih orang di 2008.

Angkatan 2010, angkatan gw, cuman dapet 118 orang dari 124 orang di 2010. Terlihat banyak, tapi 118 orang yang gw dapet itu ada yang dua kali tanda tangan dan ada beberapa yang gw duplikat tanda tangannya (maaf yah), jadi bersihnya paling kurang lebih 90 orang lah.

Sedikit balik lagi,
Kenapa serba salah ??

Yah karena pada acara “evaluasi buku marun itu”, gw merasa serba salah. Pas ditanya senior

Senior = Se, Gw = Gw

Se : mana buku marunnya ?
Gw : ..... (ngasihin buku marun dengan muka santai, padahal dalam hati ketakutan dan kebingungan mau gimana.)
Se : kenapa isinya cuman segini.
Gw : eeeuuuhhhh…… belum sempet.
Se : kenapa belum sempet ? udah dikasih waktu banyak.
Gw : (MALES WOY !!!, dalam hati gw teriak), eeeuuuhh…. Belum sempet ajah.

Dan setelah ini berlangsung proses menasehati dan mengingatkan. Setelah itu biasanya dilanjutkan simulasi, senior gw mengucapkan satu nama dalam buku marun dan tugas gw harus nyari orang yang disebut namanya oleh senior itu.


Dan itulah beberapa kenangan “manis” bersama buku marun.

Eh tapi ada sisi enaknya loh buku marun, hehe,,,, malu kalo cerita disini, terlalu bahaya,, haha…



Lalu selain isi binder jadul gw, buku marun dan name tag Himatek, gw nemu benda paling berbahaya dan menyebabkan kepedihan mendalam bagi perjalanan hidup gw yaitu

Soal dan Kartu peserta SNMPTN

Waaahh kalo bercerita tentang SNMPTN, udah banyak banget suka duka yang gw dapetin.

Mulai dari pas lulus SMA tahun 2010,

Gw nyoba ikut SNMPTN waktu itu, gw milih Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB dan ilmu geologi Unpad. Persiapan yang gw lakukan, gw ikut lembaga bimbingan belajar pak sony sugema selama satu tahun full, plus pelajaran tambahan bersama Master Agus (guru piket / guru siap ngajar hampir 24 jam ). Setiap les gw pulang magrib, terus sebelum pulang gw sering makan pecel lele terlebih dahulu bareng temen dan Master Agus di depan ITB yang deket ke sabuganya.

Gw belajar buat SNMPTN itu bisa dikatakan mati-matian, pergi sekolah jam 6 pagi, les, pulang ke rumah jam 7 malem.

Untuk hari tesnya, gw kebagian di SMA Kartika Siliwangi 1 di deket taman pramuka itu loh, Bandung. Pas hari pertama pengerjaan soal ada suatu kejadian dalam hidup gw yang gak pernah gw lupain saat itu,

Pas gw lagi ngisi kode soal dan kode lokasi, gw secara tidak sengaja menghitamkannya keluar batas yang ditentukan. Yah gw apus aja pake penghapus, dan setelah dihapus……

Kertas bagian kode soal dan kode lokasi itu rada kehitaman, ternyata gw salah pake penghapus. Penghapus yang gw pake ternyata penghapus yang jelek banget. Gw gesek aja terus ama penghapus, bukannya rada menghilang kehitamannya, malah nambah.

Pas saat itu pikiran gw kemana-mana, mulai frustasi, mana gak ada kertas cadangan lagi.

Dan endingnya gw pasrah ama yang maha kuasa, selesai tes, pulang dan ngunci diri dikamar.

Pas pengumuman…….. gw dapet T Kimia Polban.

Untuk SNMPTN ini, gw nyoba dua kali,
Tahun 2011, tahun kemarin gw nyoba, gw bareng tiga temen sekelas gw nyoba SNMPTN lagi. Dan hasilnya gw lanjut ke tingkat dua T Kimia Polban. Salah satu dari tiga temen gw ada yang berhasil dan kuliah di UNDIP sekarang.

Huhu,, memang takdir yang akhirnya menentukan,
Tempat kuliah gw yang sekarang mungkin tempat yang terbaik bagi gw.
Amin..


Waahh itu beberapa benda yang gw temukan dari reruntuhan kamar gw (hehe),,,

Ini gambar kamarnya, berantakan banget.

Gw pernah denger pepatah :

Kamar gak berantakan berarti gak laki..
Gw setuju.


Sebenernya masih banyak benda kenangan yang gw temuin, seperti lencana SMA gw, poster bazaar SMA, buku-buku les gw, bangke tikus, cuplikan kertas curhatan gw, wahh pokonya banyak deh.

Fiuh udah lama gak posting sepanjang ini….

See you again.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar