Senin, 13 Agustus 2012

Kicau di bulan ramadhan

Aslm y akhi, alhamdulillah gue bisa ngeposting lagi disini.

Karena request dari seseorang di salah satu media social, gue bakal ngeposting sesuatu di bulan ramadhan tahun ini. Ramadhan taun kemaren kalo ga salah gue ngeposting sesuatu" yang khas di bulan ramadhan seperti kolek, petasan, ngabuburit, bau mulut dll. Nah dipostingan ramadhan kali ini gue bakal sharing lagi beberapa hal ciri khas bulan ramadhan, cekidot :

1. Bubar !!

Buka bareng a.k.a bubar sudah menjadi tradisi di bulan ramadhan. Karena bulan ini waktu yang tepat untuk menjalin silaturahmi, sambil makan bareng. Tetapi masalah disini, bubar berbanding terbalik dengan perekonomian suatu umat (baca : mahasiswa). Karena

Bulan ramadhan = Liburan
Liburan = minim duit

hal ini terjadi pada gue, dimana permintaan bubar banyak tetapi duit di dompet minus. yah gue ngutang ke adik gue, sedih ---_____----

Oh ia, gue udah ngeriset.

Kalo lo ngerencanain bubar / buka bareng di kota bandung sebaiknya kurang dari jam 5 sore, karena hampir mustahil cari tempat makan jam 5 sore keatas di kota kembang ini.

2. Hunting baju

Gue inget di salah satu ceramah ustad waktu taraweh

" pada jaman rasulullah saw, ketika waktu di bulan ramadhan semakin berkurang maka para umat muslim semakin meramaikan masjid untuk beribadah. Tetapi pada jaman saat ini, semakin berkurang waktu di bulan ramadhan maka umat muslim (di indonesia, no sara, no offence) semakin meramaikan mal. "

Gue juga ga tau kenapa fenomena ini terjadi, kenapa lebaran selalu identik dengan baju baru bukan hati baru. Ngomong" hunting baju, gue paling ga tahan nemenin ibu gue belanja baju, karena lamanya minta ampun.

3. Iklan sirup

Bulan ramadhan adalah bulan yang tepat untuk para produser sirup gencar" menayangkan iklan sirup. Entah gue aja yang nyadar, ato emang kebetulan aja. Selain iklan sirup, kultum dan ucapan selamat berbuka puasa dari pemerintah sering nongkrong di tv.

Gara" iklan yang khas, gue jadi hapal iklan" yg muncul di stv sebelum berbuka :

ucapan selamat menempuh ibadah puasa dari prabowo sugianto dr partai ger*ndr*, iklan robb*ni, iklan d*ktarin, ucapan berbuka puasa dari gubernur jawa barat, dan acara kesukaan gue pas saat berbuka puasa yaitu

Indonesia Harus Berbuka (kalo gak salah. acara sitkom yg isinya stand up comedian semua)

4. Hari kemerdekaan

Sudah dua tahun berturut-turut hari kemerdekaan RI ada di bulan ramadhan. Imbasnya lomba seperti lomba makan kerupuk, balap karung, dll menjadi tidak ada. Sangat absurd jika mengadakan lomba itu di saat setelah berbuka puasa.

5. Tempat hiburan malam di tutup

Hmm kalo ini dari pengalaman pribadi gue.

Gue ama temen" reunian sd sempet mikir untuk karoke setelah bubar. Tp semua tempat karoke ditutup. Gue mikir kenapa sampai ditutup, bukankah mereka rugi jika satu bulan tak beroperasi, bagaimana untuk para non muslim yang ingin karaokean.

Selain tempat karoke, tempat nyodok / biliard pun ditutup. Gue gak tau yah kalo tempat ehem mah, hehe..

6. Naik harga !!

Kalo yang ini gue gak terlalu ngerasain, tp ibu gue sering curhat mengenai hal ini. Dimana harga bahan baku mulai menaik drastis. Tp tetep koq walaupun harga terus naik harga aqua botol tetap 500rupiah, dari dulu sampai sekarang. haha

7. Buku ramadhan

Kalo yg satu ini gue ngajak nostalgia aja ke kawan" semua. Dulu waktu kita sd sering disuruh ngisi buku ramadhan yg isinya ceramah, tadarus, dll.

Berkat buku itu gue jadi sering ngantri ama temen hanya untuk dapet tanda tangan ustad penceramah dan cap mesjid. Gue jadi sering nonton kultum kalo gak sempet nyatet ceramah di masjid. Kalo ada buku ramadhan itu, rasanya seperti ada beban ketika meninggalkan ibadah tarawih.


----------------

Biar gak asal curhat aja, gue bakal sharing mengenai keistimewaan bulan ramadhan. Ini dia :

1. Al-Quran diturunkan di bulan ramadhan
2. Pintu langit dibuka sedangkan pintu neraka ditutup.
3. Diampuninya dosa-dosa di bulan itu
4. Dilipatgandakan pahala di bulan ramadhan
5. Lailatul qadar ada di bulan ramadhan
6. diiyaratkan i'tikaf di bulan ramadhan
7. puasa ramadhan salah satu sebab masuk surga
8.  dll..

Mudah-mudahan bermanfaat, kalo mau lebih jelas klik

Mohon maaf jika gue secara tidak langsung pernah menyakiti kalian, mudah-mudahan ibadah kita dibulan ramadhan bisa diterima. amin

Akhir kata selamat menjalani ibadah ramadhan bagi yang menjalankan, Wslm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar