Minggu, 08 September 2013

Cilegon Logic

Ceritanya gue baru keterima kerja di sebuah perusahaan di kota Cilegon, so mau ga mau gue harus tinggal di kota Cilegon dan jauh dari hometown gue Bandung. Bagi orang rumahan kaya gue, pergi jauh dari ortu tidaklah mudah. Minggu pertama di Cilegon gue udah pingin pulang dan kangen ama Bandung, bahkan gue sempet ngerasain yang namanya homesick. Gue sempet terbaring sakit panas-dingin.

Tapi hari demi hari berlalu, ternyata gue masih belum bisa lepas dari Bandung, wahahaha XD

mau gimana lagi, Bandung emang kota paling enak buat ditinggali. Semoga gue bisa segera merasa betah di Cilegon.

btw gue mau sedikit cerita mengenai kota Cilegon, menurut gue, orang Bandung yang baru tinggal di Cilegon.

1. Suhu

Hal yang pertama disadari jika kamu pindah dari Bandung ke Cilegon adalah suhu udara. Bandung itu adalah kota dengan suhu udara paling nyaman yang pernah gue temuin. Sedangkan Cilegon adalah kota dengan suhu terPANAS yang pernah gue temuin, melebihi Jakarta kalo bagi gue.

Suhu udara di Cilegon jam 4 subuh sama dengan suhu udara di Bandung jam 10 pagi. Tengah hari di Cilegon udah kaya di sauna.

Biasanya setelan gue kalo keluar kosan siang hari itu, celana pendek, baju dan topi. Dan sebisa mungkin berjalan di tempat teduh.

' urang naek motor subuh setelan celana pendek jeng baju, teu tiris-tiris acan. Mun di Bandung mah geus masuk angin meren. '

Ilham, korban Cilegon

Translation : Saya mengendarai motor subuh setelan celana pendek dan baju, tidak dingin sama sekali. Kalo di Bandung mah udah masuk angin mungkin.

Terus kalo di Cilegon, kipas angin lebih menarik daripada TV. Gue lebih nikmat mantengin kipas angin daripada TV. So Cilegon itu panas nya luar biasa, jadi buat kawan semua yang mau ke Cilegon mending siapin diri dan mental dulu. Kalo bisa latihan panas-panasan dulu, yah kaya nyobain sauna atau sekedar ngejemur diri di siang hari.

2. Harga makanan

Ini yang paling gue ga mengerti dari kota Cilegon. Kadang kalo kita beruntung kita bisa makan dengan harga standar, tapi terkadang kalo kita lagi sial kita bisa makan dengan harga ga masuk akal.

Pernah temen gue Latif dan Ali makan nasi uduk di suatu tempat, porsinya tuh nasi dengan daging (banyak kata mereka) harganya 10ribu. Terus gue nyobain makan disana dengan porsi nasi dengan telor ceplok dan perkedel kentang, ternyata harganya adalah 15ribu.

Apakah di Cilegon harga perkedel kentang lebih mahal dari daging ? ini masih menjadi misteri bagi gue.

Lalu temen gue Ali pernah makan nasi goreng dengan pete dan minum air putih, harganya 20ribu. Padahal itu makannya di nasi goreng pinggir jalan.

Apakah harga pete sangat mahal sehingga bisa membuat harga seporsi nasi goreng menjadi 20rb ? misteri yang belum terpecahkan juga.

Lalu temen gue yang lain pajar, pernah makan mie ayam di daerah Pondok Cilegon Indah (PCI), perumahan gitu. Ternyata harganya adalah 32ribu.

Disini logika mengenai harga makanan sudah tidak bisa dipakai lagi, bener-bener unpredictable. Kalo nasi padang mungkin masih masuk akal, harga seporsi nasi padang dengan rendang adalah 13ribu. Solusinya mungkin adalah warteg, warteg masih standar disana. 7-8 ribu udah bisa makan kenyang.

Lalu tukang bubur dan ketoprak buka sampai malam di Cilegon, kalo biasanya di Bandung tukang bubur tuh jam 10 pagi juga udah jarang ditemui. Harga seporsi bubur di Cilegon itu berkisar 10ribu dan ketoprak berkisar 6-7 ribu sebungkus.

' urang makan di KR, nasi plus ayam bakar. loba porsina ngan 14 ribu, beruntung urang. '

Latif

Translation : saya makan di KR (Krakatau Ria, semacam tempat nongkrong di Cilegon), nasi plus ayam bakar, banyak porsinya cuman 14 ribu, beruntung saya.

Langganan gue kalo makan di kosan adalah ketoprak dan pecel lele. Ketoprak 6 ribu udah makan kenyang mana banyak lagi porsinya dan pecel lele 9 ribu sambelnya manteb dan porsinya standar kenyang. Jadi kalo mau wisata kuliner di Cilegon, berdoalah kalian mendapat tempat makan yang murah dan harganya masuk akal.

3. Kota Industri dan Pantai

Kalo jalan-jalan di kota Cilegon jangan aneh jika kalian ngeliat para warga yang memakai seragam kerja dan bus-bus berlogo perusahaan. Karena Cilegon adalah kota industri sama seperti karawang. Banyak industri disini, yang paling mendominasi adalah industri petrokimia.

Dari pagi ampe malem pasti ada aja orang di pinggir jalan make seragam perusahaan lagi nunggu bis jemputan, karena ada shift mungkin.

Lalu kalo tinggal di Cilegon, untungnya adalah dekat dengan pantai. Gue kalo mau ke pantai Anyer cuman sekali naek angkot dan memakan waktu kira-kira satu jam. Jadi buat yang suka ke pantai, Cilegon suatu opsi untuk dikunjungi.

Mungkin itu beberapa yang gue sadari selama kurang lebih 3 minggu tinggal di kota Cilegon. Gue sendiri masih jarang jalan-jalan di Cilegon soalnya ga ada motor. Disini ada mall seperti ramayana, Krakatau Junction (KJ). Lalu kalo mau nonton bioskop cuman ada di satu tempat yakni 21 di ramayana.

Mungkin gue cerita lagi mengenai Cilegon di lain kesempatan. bye .!

2 komentar:

  1. sekarang masih kerja disana ga? dengan UMK bisa hidup ga disana? >.<
    kalo bisa cerita lebih lagi mengenai cilegon. Makasi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. umk bisa hidup tapi ngepas dan sederhana, klo asli cilegon ga terlalu masalah tapi kalau anak rantau ya masalah bgt krn budget buat pulkam sangat mahal

      Hapus