Kamis, 02 April 2015

A piece of advice, Teknik Kimia #1

Mengingat umur, yup sadar atau tidak gw udah termasuk kedalam orang-orang yang merasa sensitif ketika ditanya lingkar perut umur.

Gw bakal ngasih beberapa pesan buat ade ade yg ingin masuk kedalam dunia teknik kimia. So here we go.

1. Teknik kimia itu 'laki'

Hal yang paling aneh yang gw lihat dari dunia teknik kimia akhir akhir ini adalah, didominasi oleh perempuan. Di Polban aja dari taun ke taun jumlah laki laki semakin berkurang dan perempuan semakin bertambah.

Di pikiran gw, kenapa perempuan suka sama teknik kimia. Sis, ini teknik kimia bukan analis kimia. Jika kalian melihat teknik kimia itu kerjaannya di lab, campur bahan bahan kimia, rapih, eksperimen sana sini, kalian berarti salah.

Karena menurut gw teknik kimia itu bidangnya cowo banget. Memang sih kalian bebas milih jurusan, tapi saran saya teknik kimia itu ga cocok dengan perempuan.

Buktinya ga sedikit temen perempuan gw yg merasa menyesal masuk ke teknik kimia.

Teknik kimia itu lebih ke proses plant, bukan lab. Kalo pernah liat film Armageddon, coba lu liat para engineer di tangki minyak diawal film, nah itulah teknik kimia. Chemical engineer siap mental dan fisik untuk menghadapi real life di kehidupan chemical engineer.

Susah gw ngejelasinnya, ya pokoknya buat gw teknik kimia kurang cocok untuk perempuan.

2. Teknik kimia itu bukan kimia seluruhnya.

' Gw kimianya jelek, ga cocok masuk teknik kimia '

Salah besar.

Lo ga harus pinter kimia buat masuk jurusan teknik kimia, contoh gw. Gw bego dalam dua pelajaran IPA yakni biologi dan kimia. Tapi pas ngerasain jurusan teknik kimia, ternyata kebanyakan make ilmu matematika dan fisika. Justru kimianya jarang.

Kenapa ?

karena balik lagi, teknik kimia mendidik seorang engineer yang ahli didalam proses plant.

3. Jurusan menjanjikan

Salah satu alasan gw masuk ke teknik kimia adalah karena masa depannya menjanjikan.

Gw pernah baca artikel kalau teknik kimia termasuk salah satu jurusan dengan penghasilan gaji paling besar. Tetep masih kalah perminyakan-pertambangan.

Selain prospek gaji yg menjanjikan, teknik kimia juga hampir bisa masuk ke semua bidang perusahaan, yah walaupun masih dibawah teknik mesin.

----

Yah sekian untuk sekarang, udah ngantuk juga hehe. jam 00:00, jam galau.

nanti gw lanjut lg, cerita mengenai gimana sih matkul teknik kimia itu...

Terus skripsinya susah ga  ???

oke nanti dilanjut lg, bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar